Masjid Saka Tunggal Tempat Wisata Religi dan Objek Wisata Lokal yang Nyaman

Redaksi

MitraNews.co.id, Banyumas – Masjid Saka Tunggal merupakan tempat wisata religi dan objek wisata lokal yang nyaman, memiliki dukungan penuh baik dari masyarakat dan lingkungan sekitar.

Sehingga menjadi wisata yang komparatif, Hal tersebut terlihat dengan pemanfaatan potensi alamnya yang baik, serta pemanfaatan potensi kearifan lokal yang mengandung nilai-nilai religi keislaman juga terkelola dengan baik.

Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Saka Tunggal Cikakak memiliki potensi lain di antaranya sebagai tempat wisata alam dan wisata religi, wisata budaya, sekaligus tempat edukasi untuk mengenalkan situs peninggalan sejarah.

Disisi lain, Masjid Saka Tunggal juga bisa disebut sebagai cagar budaya, sekaligus Masjid tertua di Indonesia mengalahkan Masjid Demak. Berdiri, yakni didirikan dan dibangun pada Tahun 1288, bisa terlihat pada tiang saka utama masjid yang bertuliskan dengan angka arab 1288, namun banyak para ahli yang berbeda pendapat tentang hal tersebut.

Baca Juga:  Meski 'Disisihkan' Sunda Wiwitan Tetap Berjuang

Masjid Saka Tunggal Cikakak kini menjadi situs peninggalan sejarah yang masih memiliki fungsi pokok untuk beribadah bagi masyarakat Cikakak.

Desa Cikakak memiliki luas wilayah 595.400 hektar. Dengan jumlah penduduk kurang lebih 5000 jiwa dan dibagi menjadi 5 Kadus, 10 RW dan 37 RT dan 11 Wilayah Grumbul.

Nuasa alamnya masih asri dan juga satwa liar monyet menambah keindahan tersendiri Wisata Religi Masjid Saka Tunggal Cikakak. Meskipun monyet itu liar, namun tidak galak kepada pengunjung.

Konon ceritanya, monyet-monyet tersebut takut akan ban sepeda, karena ban sepeda tersebut dianggap mirip ular oleh para monyet, sehingga pengunjung yang berwisata memerlukan ban sepeda. Namun jangan khawatir, pengunjung tak perlu membawa ban sepeda dari rumah, melainkan sudah disiapkan oleh pengelola.

Baca Juga:  Pj Bupati Barsel H.Deddy Winarwan Menerima Gelar Kehormatan Kanjeng Raden Tumenggung dari Keraton Surakarta Hadiningrat

Lokasi Masjid Saka Tunggal

Alamat Masjid Saka Tunggal berada di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Lokasinya berada di tengah-tengah pedesaan.

Jam Buka Masjid Saka Tunggal

Masjid Saka Tunggal bisa kamu kunjungi setiap hari dari Senin hingga Minggu. Mulai pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Untuk tiket masuknya dikenakan biaya 10.000 Ribu Rupiah itupun bisa dapet potongan harga dan untuk pengunjung lansia tidak kenankan untuk biaya tarif masuk.

Baca Juga:  Waketum Dua AWPI Menyampaikan Bahwa Memahami Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), Sangat Perlu Dipahami oleh Masyarakat Luas.

Fasilitas Masjid Saka Tunggal

Beberapa fasilitas yang bisa kamu jumpai saat berkunjung ke Masjid Saka Tunggal diantaranya:
•Area parkir kendaraan
•Toilet
•Tempat ibadah yang nyaman dan bersih Petilasan Kiyai Toleh

“Penasaran…! Silakan datang dan menikmati wisata religi di Mesjid Saka Tunggal”

Penulis : Ibnu S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *