Pj. Gubernur Heru Tinjau Sembako Murah di Bintaro, Warga Merasa Terbantu

Avatar

Mitranews.co.id , Jakarta Selatan -Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mengupayakan pemenuhan kebutuhan pangan warga Jakarta. Salah satunya, dengan Sembako Murah yang kali ini diadakan di GOR Balai Rakyat Pesanggrahan, Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (5/7).

 

Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kegiatan tersebut bersama Kepala Biro Kerja Sama Daerah (KSD) Setda Provinsi DKI Jakarta Marulina Dewi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin.

 

“Pemprov DKI bersama Bank DKI dan Bank Indonesia mengadakan Sembako Murah di Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan. Bank DKI menyumbang 1.000 paket sembako yang bekerja sama dengan Bank Indonesia,” ungkap Pj. Gubernur Heru.

 

Pada kesempatan itu, Pj. Gubernur Heru menekankan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta peduli dengan kebutuhan masyarakat agar mereka bisa membeli sembako yang lebih terjangkau. “Intinya, menyapa masyarakat dan Pemda peduli terkait dengan kebutuhan masyarakat, sehingga mereka bisa menjangkau sembako, ada minyak, beras, tepung terigu, itu satu paket. Kalau mau beli tambahan minyak juga bisa, murah, ada telur juga, dengan harga yang lebih murah dari pasaran,” tuturnya.

Baca Juga:  Tanpa Harus ke Rumah Sakit, Beralih ke Pengobatan Terapis (Ceragem)

 

Di satu sisi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati menerangkan, ada beberapa komoditas pangan yang memberikan andil pada nilai inflasi bulan Juni 2024. “Angka inflasi DKI Jakarta periode Juni 2024 adalah 2,23 (yoy) dan mengalami inflasi sebesar 0,12 (mtm). Komoditas pangan yang memberikan andil pada nilai inflasi Juni 2024 adalah beras, minyak goreng, bawang putih secara tahunan. Sedangkan, komoditas pangan yang memberikan andil secara bulanan adalah daging ayam ras dan cabai merah,” ujarnya.

Baca Juga:  Aksi Penembakan di Kantor MUI, Wapres Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

 

Ia menambahkan, salah satu upaya pengendalian inflasi yang dilakukan Provinsi DKI Jakarta melalui Sembako Murah. Oleh karena itu, kegiatan tersebut terus dilakukan di berbagai wilayah di Jakarta.

 

“Masyarakat bisa mendapatkan paket sembako seharga Rp 100.000. Paket tersebut terdiri dari 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 1 kilogram tepung terigu, dan 1 kilogram gula pasir,” tambahnya.

 

Sementara itu, Julia, salah seorang warga RT 007/RW 010, Kelurahan Pesanggrahan, mengaku sangat terbantu dengan adanya program Sembako Murah. Ia menyebut, program ini dapat membantu para ibu rumah tangga kelas menengah ke bawah untuk mendapatkan kebutuhan dasar dengan harga terjangkau.

Baca Juga:  Ketua RT Bersama Warga RT 012 RW 06 Kramatjati Gelar Persiapan Jelang Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad

 

“Ini harganya daripada di pasaran jauh (lebih murah) dan lumayan membantu. Kalau bisa, lebih banyak lagi komoditasnya dan warga yang mendapatkan sembakonya juga bertambah,” tutur Julia.