Penasihat AWPI Kota Bekasi Apresiasi dan Dukung Penuh UKW Tingkatkan Kualitas SDM Insan Pers

Redaksi

RJMNews, Kota Bekasi – Dalam rangka meningkatkan kualitas dan profesional insan pers, Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) yang menjalin kerjasama dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat muda tahun 2023 di Gedung Serbaguna, Kota Bekasi (09/12/2023).

Penasihat AWPI Kota Bekasi, Dr. H. KMS Herman, SH., MH., M.Si., CLA mengapresiasi setinggi-tingginya dan mendukung penuh pelaksanaan UKW, yang diinisiasi dan dilaksanakan oleh AWPI Kota Bekasi dibawah kepemimpinan Jerry selaku Ketua,” katanya dalam keterangan tertulis melalui sambungan whatsapp kepada awak media.

“Adapun Uji Kompetensi Wartawan ini sangat penting untuk semakin meningkatkan kualitas SDM insan pers yang tergabung dalam wadah AWPI pada khususnya,” ujar Herman yang juga Dosen Pascasarjana Ilmu Hukum Universitas Borobudur Jakarta.

Baca Juga:  Kemeriahan Satu Panggung Lawang Pitu & U'Camp dan Grass Rock di Konser Anniversary 4thn Acc Studio

Menurutnya, UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, tegas menyatakan bahwa “Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik’, yaitu kegiatan penyiapan, mencari, mengumpulkan, mengolah, menyajikan penulisan, penyuntingan, dan penyampaian berita kepada khalayak melalui saluran media tertentu,” ucapnya.

Selain itu, Herman mengatakan Pers sebagai control sosial dalam menulis pemberitaan harus sesuai standar dan etika jurnalistik yang berlaku sehingga pemberitaan yang beredar bisa dipercaya masyarakat serta bisa meminimalisir kemungkinan resiko kesalahan dan pelanggaran etika yang mungkin saja bisa terjadi, Oleh karena itu setiap pemberitaan dan informasi yang ditulis harus akurat dan berimbang, wartawan tidak boleh memihak,” paparnya.

Baca Juga:  Hadir Kembali di Kota Tandingan, PSG Setia 100 ℅ Gelar Bakti Sosial Senantiasa Blusukan Ke Akar Rumput dan Bermanfaat Bagi Masyarakat

Masih kata Herman, ia sampaikan selamat mengikuti ujian kompetensi wartawan kepada seluruh peserta semoga sukses dan berhasil dengan baik, diiringi harapan semoga setelah lulus dalam UKW ini para wartawan, khususnya dilingkungan AWPI menjadi semakin professional, berintegritas, berkualitas dalam menulis pemberitaan serta dipercaya oleh seluruh lapisan Masyarakat di seluruh Indonesia,” tutupnya.

(D.M. Pertiwi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *