Himagri Pertanian UMSU Lakukan Bakti Tani di Deliserdang

0
112
Para mahasiswa tergabung dalam Himagri Fakultas Pertanian UMSU Medan bersama para dosen dan PPL berfoto bersama dalam kegiatan Bakti Tani ke-4 di Desa Namo Mirik Kecamatan Kutalimbaru Deli Serdang.

Deliserdang | Mitranews.co.id – Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Fakul­tas Pertanian Universitas Mu­hammadiyah Sumatera Uta­ra (UMSU) kembali melak­sanakan Bakti Tani ke-4 pada 7-9 Desember 2018 lalu di Desa Namo Mirik Kecama­tan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang.

Dekan Fakultas Pertanian UMSU Medan, Ir. Asri­tanarni Mu­nar, MP dalam amanatnya pada saat pelepasan peserta Bakti Tani ke-4 di Kampus UMSU Mukhtar Basri Me­dan menyampaikan bahwa ke­gia­tan tersebut adalah perwu­jud­an dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pe­ngabdian masyarakat, sehingga ma­ha­sis­wa diminta serius dan tetap menjaga nama baik alma­mater.

Ketika pelepasan Bakti Tani, Dekan Pertanian UMSU didam­pingi Wakil Dekan (WR) I Dr. Daf­ni Mawar Tarigan, Wakil Dekan III Mhd Thamrin, M.Si serta Ketua Program Studi Agribisnis UMSU Khairun­ni­sa Rangkuti, M.Si.

Sementara itu Wakil Dekan III Fakultas Pertanian UMSU Medan, Mhd Thamrin, M.Si didam­ping Sekretaris Program Studi Agribisnis Akbir Habib, MP menyatakan ke­ba­nggaannya dan salut akan kegiatan yang dilaksanakan Himagri, apa lagi sudah men­jadi jadwal rutin lembaga HMJ setiap periode yang kini sudah keempat kali.

Dijelaskan Thamrin kegia­tan tersebut merupakan wujud nya­ta bagi para mahasiswa per­tanian untuk belajar lebih de­kat dengan petani atau disebut juga learning by doing(bela­jar sambil bekerja), sehingga mahasiswa memiliki pe­ng­a­laman secara langsung, apa sebenarnya menjadi peker­jaan, solusi dan masalah pe­tani, khususnya pada per­tani­an padi sawah.

Kegiatan tersebut diikuti 86 mahasiswa agribisnis dari lintas angkatan atau stambuk sebagai bentuk pem­belajaran di lapangan seka­li­gus membantu masyarakat tani. Tema kegiatan “Bakti Tani sebagai Wujud Nyata dalam Pergerakan untuk Meningkatkan Pengetahuan di Bidang Pertanian yang Lebih Baik”.

Ketua Umum Himagri Fakultas Pertanian UM­SU periode Amaliah 2018-2019 Abdoni Sito­rus menjelaskan agenda kegiatan Bakti Tani ke-4 adalah pengolahan tanah dengan menggunakan alat dan mesin pertanian hand tractor (Jetor), penanaman padi sawah sistem tanam jar­wo 2:1, penyuluhan pertanian dan pemeriksa­an kesehatan gra­tis yang dilak­sanakan juga oleh dosen dan mahasiswa Fakultas Kedok­teran UMSU.

Selain itu perkenalan dan pemahaman or­ganisasi Hi­magri dan diakhiri dengan penanaman 150 pohon yakni pohon aren, jengkol, kleng­keng, durian dan sengon di kawasan hu­tan lindung Dusun Tanduk Benua Desa Suka Makmur Kecamatan Kuta­lim­baru Ka­bupaten Deli Ser­dang dengan pendam­pi­ngan langsung oleh Penyu­luh Swadaya Ke­hu­tanan Supardi Surbakti yang disam­paikan.

Dikatakannya, kegiatan Bakti Tani ke-4 Himagri juga bekerjasama dengan tim dosen pengabdian masyarakat dari Fakultas Pertanian UMSU dengan melak­sanakan penyuluhan pertanian yang disampaikan Surnaherman, M.Si didampingi Penyuluh Per­tani­an Lapangan Riswan Rudyanto, SP pada Kelom­pok Tani Ula Kisat dengan Ketua Kelompok Taninya Hemat Sitepu. Ikut terlibat dalam pen­yu­luhan pertanian Dosen FP UMSU, Ira Apriyanti, MSc, Juita Rahmadani Ma­nik, MSi, Yudha Ardiansyah Pu­tra, MP, Aflahun Fadhly Si­regar, MP dan lainnya.

Reporter:

M Iqbal Syaanggi

Editor:

Fadmin Malau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here