DPD PTI Sumut Gagas Program On Farm Petani Mandiri

0
181

LANGKAT – MITRANEWS : Dewan Pengurus Daerah (DPD) Pemuda Tani Indonesia (PTI) Sumatera Utara menggagas Program On Farm Petani Mandiri dengan melibatkan pihak perbankan, asuransi dan Bulog. Sampai saat ini sudah terdaftar 84 orang petani yang menjadi peserta program ini. Hal itu terungkap saat penandatangan 50 berkas KUR petani Desa Lubuk Kertang Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

“Hari ini kita tanda tangani 50 berkas petani peserta tahap kedua, pada tahap pertama tercatat 34 orang petani,” kata Ketua DPD PTI Sumut Muhammad Fadly Abdina yang sangat konsern dengan program ini.

Pada hari itu ditandatangani berkas KUR Program On Farm Petani Mandiri tahap II yang dilakukan Kepala Cabang Perum Bulog Medan  Ade Muliani, Kepala Desa Lubuk Kertang Zul Insan dan Ketua DPW PTI Sumut Muhammad Fadly Abdina dan disaksikan langsung oleh Manager Pemasaran Bank BNI KCU USU Amnah Mutia Jingga.

Sebelumnya pada tanggal 27 November 2019 telah ditandatangani  Perjanjian Kerjasama (MOU) antara Perum Bulog Cabang Medan, Bank BNI KCU USU dan DPD PTI Sumut sebagai sebuah kesepakatan untuk secara bersama-sama menjalankan Program On Farm Petani Mandiri yang digagas DPD PTI Sumut.

Menurut Ketua DPD PTI Sumut Muhammad Fadly Abdina, Program On Farm Petani Mandiri ini digagas dengan tujuan membantu meningkatkan produksi petani dan meningkatkan pendapatan petani. “Kita menggandeng Bank BNI untuk pembiayaannya melalui fasilitas KUR dan Perum Bulog yang akan menampung hasil produksi petani,” kata Fadly lagi seraya mengatakan penandatangan berkas KUR ini adalah tahap kedua, tahap pertama tercatat 34 orang petani.

Lebih lanjut Fadly mengatakan Program On Farm Petani Mandiri ini merupakan program petani yang terintegrasi dari hulu hingga hilir yakni dimulai dari penyediaan pembiayaan perbankan, jaminan resiko kerugian, penyediaan fasilitas penunjang produksi, sampai pemasaran hasil produksi.

Sementara itu, Kepala Perum Bulog Medan Ade Muliani mengatakan Perum Bulog merasa terpanggil untuk mendukung Program On Farm Petani Mandiri DPD PTI Sumut ini dalam rangka mendukung  program pemerintah mewujudkan kedaulatan pangan. “Kami sangat berkepentingan dalam hal meningkatkan produksi petani untuk mewujudkan program kedaulatan pangan,” kata Ade Muliani lagi.

Manajer Pemasaran Bank BNI KCU USU, Amnah Meutia Jingga dalam sambutannya mengharapkan agar para petani yang mendapatkan bantuan pembiayaan dari Bank BNI ini dapat bekerja dengan keras dan serius serta tetap  berkomitmen dan konsisten dalam mengikuti program On Farm Petani Mandiri ini agar program ini sukses dan dapat berkelanjutan. (*)

Reporter:

An Jambak

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here