Muazrisyaf Muaz: “Urang Minang di Medan Harus Merasa Senasib Sepenanggungan”

0
90

MEDAN – MITRANEWS : Tokoh masyarakat Minang dr. Muazrisyaf Muaz mengatakan Orang Minang yang merantau di Medan harus menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan sehingga terjalin persaudaraan yang kuat antar sesama orang Minang di perantauan. Hal itu dikatakannya usai mengahadiri acara deklarasi pembentukan Serikat Tolong Menolong (STM) BM3 Medan Johor, Minggu (27/10/2019) di Masjid Nurul Ikhwan Jalan Karya Kasih Medan Johor. Hadir dalam acara itu tokoh-tokoh masyarakat Minang yang berdomisili di Kecamatan Medan Johor diantaranya dr. Muazrisyaf Muaz, M Yunan Sirhan, Rifky Suryadi, Abdul Azis, Salman Piliang, Suardi DS dan lain-lain.

“Urang Minang cukup banyak yang berkarier di Medan ini, hanya saja selama ini kita seakan-akan tercerai berai, sekarang dengan adanya STM ini sebagai wadah marilah kita menggabungkan diri sehingga nampak betapa besarnya potensi Urang Minang di perantauan kita ini,” kata Muazrisyaf lagi.

Sebagai orang yang dituakan dalam masyarakat Minang di daerah ini, Muazrisyaf menyambut positif dan mendorong sepenuhnya pembentukan STM ini. Diantara tujuan pembentukan STM ini adalah untuk mempererat silaturrahim antar sesama masyarakat Minang yang berdomisili di daerah ini. Selanjutnya menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan dan ikut merasakan jika ada salah satu dari anggotanya yang tertimpa musibah. “Kita akan senang ketika kita tertimpa musibah banyak suadara kita yang menyabarkan dan memberi semangat. Di saat itulah kita merasa kita punya saudara di perantauan ini,” katanya lagi.

Muazrisyaf Muaz juga menyatakan terima kasih banyak kepada Pengurus BM3 Medan Johor yang sudah memprakarsai pembentukan STM ini. Meskipun saat ini hanya pada tahap pemberian santunan pada ahli musibah dan melaksanakan takziah. Di masa yang akan datang disarankannya STM ini juga mengkoordinir masalah pelaksanaan fardu kifayah, penyediaan ambulan dan pangdam perkuburan.

Acara deklarasi pembentukan STM ini dilanjutkan dengan kegiatan pengajian rutim BM3 Medan Johor dengan menghadirkan pencerah anggota DPRD Sumut Salman Alfarisi yang juga adalah tokoh masyarakat Minang di Sumatera Utara. Dalam tausiahnya Salman Alfarisi membahas tentang penciptaan manusia oleh Allah SWT untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. (*)

Reporter:

An Jambak

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here