Irjen. Pol. Firli Bahuri, Tidak Populer di Kalangan Teman SMA-nya karena Selalu Berada di Perpustakaan

0
32

Palembang-Mitranews : TERNYATA sosok Irjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si yang baru saja terpilih sebagai Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) tidak populer di kalangan teman-teman SMA-nya karena tidak pernah nampak nongkrong di kantin sekolah atau warung pempek tempat teman-temannya selalu nongkrong pada waktu isirahat sekolah. “Firli itu tidak ada dalam daftar teman nongkrong baik di katin sekolah maupun di Warung Asuk, wrung pempek tempat kami selalu nongkrong d waktu seolah dulu,” kata Syukri Mahmud, seorang teman sekolah Firli.

Hal itu diungkapkan Syukri ketika menghadiri Reuni Emas SMA Negeri 3 Palembang di jalan Jenderal Sudirman KM 3,5 Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/10/2019) lalu. Syukri Mahmud adalah teman SMA Firli yang saat ini menjadi Ketua Umum Assosiasi Sales Travel Indonesia (ASATI) yang merupakan assosiasi kumpulan para owner Biro Perjalanan Wisata di seluruh Indonesia.

Menurut Syukri, meski terkesan acuh tapi sesungguhnya beliau sangat ramah dan rajin belajar. Makanya ketika waktu istirahat Firli tidak nampak di Kantin Sekolah tapi selalu berada di perpustakaan. “Beliau memiliki pendirian yang kuat sehingga tidak gampang terpengaruh ajakan teman-temannya untuk bolos belajar. Apalagi untuk nonton bioskop saat jam pelajaran,” kata Syukri lagi.

Inspektur Jenderal Polisi Drs Firli Bahuri, M.Si terpilih sebagai Ketua KPK periode 2019 – 2023 dan akan meemulai tugasnya pada bulan Desember mendatang. Firli lahir di Lontar, Muara Jaya, Ogan Komering UluSumatra Selatan8 November 1963; umur 55 tahun) adalah polisi Indonesia.

Saat ini beliau menjabat sebagai Ketua KPK terpilih periode 2019–2023.[3]

Firli tercatat pernah menjabat sejumlah jabatan penting. Ia pernah menjabat ajudan Wakil Presiden RI Boediono. Ia kemudian menjabat Wakil Kepala Kepolisian Daerah Banten, Karopaminal Divpropam Polri, Kepala Kepolisian Daerah Banten, Karodalops Sops Polri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa TengahKepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat, Deputi Penindakan KPK dan terakhir sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Selatan.

Sejak tamat SMA tahun 1982, mereka tak pernah lagi bertemu. Baru belakangan sekitar 2012 mereka kembali bertemu setelah seorang teman mereka M Nasir Hasim (seorang pengusaha reklame di Jakarta) berhasil mengumpulkan teman-temannya menghadiri acara syukuran anak beliau di kediamannya, di kawasan Bekasi. Sejak itu komunikasi terus terjalin bahkan diapun menyempatkan diri saat ada kumpul teman di Bandung.

“Ketika Firli menjabat Wakapolda Banten 2014, kamipun diundang kumpul di Anyer. Bahkan teman-teman berencana mau ke Lombok saat beliau menjabat Kapolda NTB, tetapi tidak kesampaian karena keburu pindah tugas di Jakarta,” kata Syukri.

Saat menjabat Kapolda Sumsel, disela kesibukannya Firli menghadiri reuni emas 50 tahun SMAN 3 Palembang. “Sebagai teman semasa SMA kami merasa bangga mempunyai sahabat yang sukses dan menjadi panutan, semoga amanah mengembat jabatan lebih baik,” ungkap Syukri Machmud lagi. (*)

Sumber:

Pressrelease DPP IMO Indonesia

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here