Kesehatan Mental, Masa Depan Lebih Baik

0
170
Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg. Usma Polita NST, M,kes ketika menjadi nara sumber dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional ke-54 bertema “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” Senin, 14 November 2018 di RS Siloam.

MEDAN | Mitranews.co.id – Kesehatan mental sangat penting sebab untuk hidup yang lebih baik harus memiliki kesehatan mental. Kesehatan mental dapat dicapai dengan dengan selalu berpikir positif, aktif bersosialisi dengan lingkungan, selalu mengkonsumsi makanan yang sehat, melakukan aktifitas fisik seperti berolahraga secara rutin serta tetap aktif dengan mempelajari hal-hal yang baru.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg. Usma Polita NST, M,kes ketika menjadi nara sumber dalam rangkaian acara Hari Kesehatan Nasional ke-54 dengan tema “Ayo Hidup Sehat Mulai dari Kita” Senin, (14/11/2018) di RS Siloam dengan topik Kesehatan Mental untuk masa depan yang lebih baik diikuti sebanyak 150 orang mahasiswa dan praktisi kesehatan.

Dalam paparannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan menyampaikan hal-hal penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental yang tentunya dimulai dari diri pribadi masing-masing. Kesehatan bisa diraih setiap orang bila secara terus menerus menjaga kesehatannya dan hal yang mudah dengan selalu berpikir positip.

Untuk itu katanya dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional pada 12 November setiap tahunnya adalah sebuah peringatan berharga bagi bangsa Indonesia untuk tetap fokus dan semangat membangun bangsa, khususnya kesehatan bagi setiap orang dan tahun 2018 dengan tema “Aku Cinta Sehat”, dengan sub tema: “Ayo Hidup Sehat, Dimulai dari Kita”

“Masyarakat yang sehat merupakan modal ketangguhan suatu bangsa. Keterlibatan seluruh komponen bangsa, mencakup pemerintah swasta, dan masyarakat di butuhkan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan drg. Usma Polita mengatakan generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari segala usia, bayi, balita, anak, remaja, dewasa dan lansia yang turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional.

Untuk itu, akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal dilakukan dengan kerjasama berbagai elemen penting seperti Pemerintah, Kepala Daerah, Dunia usaha dan Organisasi Kemasyarakatan.

Seminar kesehatan mental merupakan rangkaian dari sejumlah kegiatan yang telah dilakukan Dinas Kesehatan Kota Medan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional untuk mengajak semua lapisan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan.

Sementara itu unsur panitia penyelenggara, dr. Nurmila Kadarsih Helmy Pohan, MARS yang juga Kepala Seksi Program Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Medan mengatakan telah melakukan serangkaian kegiatan yang ditujukan kepada seluruh kelompok umur mulai dari bayi hingga lansia, sesuai dengan tema HKN tahun ini.

Tujuan kegiatan katanya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan kesehatan, meningkatkan kerjasama lintas sektor Puskesmas dengan institusi baik institusi pemerintah maupun swasta. Dinas Kesehatan Kota Medan telah melaksanakan kegiatan dari 18 Oktober hingga 14 November 2018 di beberapa tempat di Wilayah Kerja Dinas Kesehatan dan Puskesmas-Puskesmas di Kota Medan. Kamis 25 Oktober 2018 lalu telah dilakukan Operasi Katarak untuk 50 orang Masyarakat miskin dengan BPJS dan yang tidak dengan BPJS di Rumah Sakit SMEC.

Minggu, 29 Oktober 2018 Seminar Kesehatan dengan topik LGBT & HIV AIDS Peserta sebanyak 300 Orang yakni siswa dan Orangtua siswa serta mahasiswa. Senin, 30  Oktober 2018 Seminar Kesehatan di Istana Koki dengan Tema Pengolahan Limbah B3 dengan peserta 100 Orang yakni Pimpinan Rumah Sakit dan Klinik. Rabu, 31 Oktober 2018 Pemeriksaan Pelayanan Gigi dan Mulut sebanyak 200 orang kemudian Pemberian Kacamata Gratis untuk 500 orang, Pemberian PMT Balita untuk 200 orang di Sekolah STMIK NEUMAN Jln. Jamin Ginting Tuntungan.

Lantas, Selasa, 6 November 2018 Lomba Batita Sehat dengan peserta 1 Batita dari puskesmas di Aula Dinas Kesehatan. Sabtu, 10 November 2018 dilaksanakan Parade Ambulans

– Rumah Sakit sebanyak 60 Ambulans. PSC 119 Dinkes Medan sebanyak 6 Ambulans pada Car Free Day di Jalan Pulau Pinang Lapangan Merdeka Medan. Juga dilaksanakan Fun Run Sepatu    Roda sebanyak 30 Orang dari Club Sepatu Roda. Fun Bike diikuti 800 Peserta.

Sumber:

Iqbal Syaanggi

Editor:

Fadmin Malau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here