Singgah di ‘Kota Monumen’ Saransk

0
169

Medan — Tak hanya di kota besar, ajang pertandingan sepakbola Piala Dunia 2018 Rusia juga diselenggarakan di sejumlah kota kecil, salah satunya ialah Saransk.

Pertandingan sepakbola di Saransk bakal dilaksanakan di Stadion Mordovia Arena mulai Juni mendatang.

Jarak dari Moskow ke Saransk sekitar 9 jam berkendara dengan mobil, 12 jam perjalanan kereta, atau 2 jam penerbangan. Untuk pesawat, harga tiketnya mulai dari Rp500 ribu per orang pulang pergi.

Penduduk kota Saransk hanya berjumlah sekitar 300 ribu orang yang menempati kawasan seluas 72 kilometer persegi. Kemacetan tentu saja bukan hal yang harus dialami turis ketika datang ke sini.

Untuk berkeliling kota, turis bisa menumpang taksi atau bus. Kedua moda transportasi tersebut beroperasi hingga tengah malam.

Saransk paling menarik dikunjungi saat musim panas, yang dimulai sekitar bulan Juni.

Di bulan-bulan tersebut, pemandangan kota kecil ini akan semakin indah. Rumah kuno yang berwarna-warni berpadu dengan pohon-pohon besar di sepanjang jalannya.

Taman Pushkin menjadi area publik yang paling ramai di akhir pekan setiap musim panas.

Di taman seluas 40 hektare ini, warga Saransk menggelar tikar untuk piknik hingga matahari terbenam. Sungai Insar menjadi pemandangan utamanya.

Kota Saransk juga disebut Kota Monumen, karena banyak monumen bersejarah yang berdiri di sini.

Beberapa yang populer ialah monumen Yemelyan Pugachev, Aleksandr Pushkin, Polezhaev, Vladimir Lenin, Pilots of Mordovia, Stratonavts, dan A Family of Saransk.

Bagi yang ingin mengunjungi museum, Saransk punya banyak pilihan, seperti Mordovian Republican Museum of Fine Arts, Mordovian Republican Joint Local History Museum, The Museum of Military and Labor Heroism, The Museum of Mordovian Culture, dan The Museum of A.I. Polezhaev.

Penggemar arsitektur juga bisa datang ke Cathedral of St. Fyodor Ushakov atau Church of St. John the Apostle. Kedua bangunan bersejarah ini menjadi ikon kota Saransk.

Setelah berkeliling tentu saja perut merasa lapar. Yang ingin makan menu khas Rusia dengan harga terjangkau disarankan mendatangi restoran Otmennaya Pelmennaya.

Untuk kedai kopi, warga Saransk biasanya mendatangi ProKofii.

Sedangkan untuk kongko sampai larut malam, biasanya mereka mendatangi bar-bar di kawasan Sovetskaya Ploshad. Bagi yang tak punya tiket menonton Piala Dunia 2018 Rusia, bisa juga nobar di sini. (*)

Sumber :
cnnindonesia.com

Editor :
Siti Aisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here