KPU Sumut Hanya Loloskan Dua Paslon Gubsu

0
129

MEDAN–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sumatera Utara, akhirnya hanya meloloskan dua pasangan cagubsu dan cawagubsu dari tiga calon yang mendaftarkan diri. Rapat Pleno Terbuka KPUD Sumut di Ballroom Hotel Grand Mercure Jalan Perintis Kemerdekaan, Senin (12/02/2018) memutuskan hanya ada dua pasangan calon yang lolos bertarung di Pilgubsu pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dalam rapat tersebut Ketua KPUD Sumut Banget Silitonga mengatakan setelah melakukan penelitian dokumen pendaftaran tiga pasangan calon itu, KPU Sumut menyatakan satu berkas persyaratan Bakal Calon Gubernur Sumut 2018-2023, yakni JR Saragih, dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Menurutnya berkas tersebut adalah fotokopi ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang telah dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.

“Berdasarkan surat Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta Nomor 1454/1.851.623 Tanggal 22 Januari 2018 pada poin empat menyatakan bahwa Dinas Pendidikan Pemprov DKI Jakarta tidak pernah melegalisir atau mengesahkan ijazah atau STTB SMA Nomor 1 OC Oh 0373795 Tahun 1990 atas nama Jopinus Saragih,” kata Benget.

JR Saragih yang hadir pada rapat tersebut terlihat tidak bereaksi ketika Banget Silitonga menyatakan salah satu berkasnya tidak memenuhi syarat. Nampaknya dia sudah memperkirakan itu. Dia bahkan asyik bercerita dengan calon wakilnya Ance Sellian.

Dengan demikian KPUD Sumut hanya meloloskan pasangan Edy Rahmayadi – Musa Rajecksah dan pasangan Djarot Syaiful Hidayat – Sihar Sitorus untuk maju bertarung pada Pilgubsu mendatang. (*)

Reporter:
Anjambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here