Ketum PITA: Tiga Penghargaan Pembangunan Daerah 2024 Buktikan Heru Mumpuni Pimpin Jakarta

Avatar

mitranews.co.id , Jakarta – Ketua Umum (Ketum) Pemuda Indonesia Cinta Tanah Air, Ervan Purwanto menyebut raihan tiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahu 2024 kategori Provinsi Terbaik dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI membuktikan kinerja mumpuni Heru Budi Hartono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

Ervan mengatakan, penghargaan yang diserahkan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (6/5) kemarin merupakan prestasi dan bentuk pengakuan terhadap kerja nyata Heru.

“Jakarta yang selama ini menjadi Ibukota memiliki persoalan kompleks. Pak Heru mampu mengoordinasikan seluruh jajaran dan bersinergi dengan pemerintah pusat melakukan perencanaan dan eksekusi penyelesaian persoalan-persoalan itu,” ujarnya, Selasa (7/5).

Baca Juga:  Kompolnas Rl Melakukan Kunjungan Kerja Wilayah Polda Bengkulu untuk Mantauan Persiapan Pilkada 2024

Ervan menjelaskan, dalam masa kepemimpinan Heru di Jakarta dilakukan akselerasi pembangunan dan integrasi moda transportasi massal sebagai milestone untuk mengatasi kemacetan.

“Saat ini sedang berlangsung proses pembangunan MRT Fase 2A rute Bundaran HI-Kota yang akan dilanjutkan dengan Fase 2B. Kemudian, ada juga LRT Fase 1B rute Velodrome-Manggarai,” terangnya.

Menurutnya, untuk persoalan banjir yang disebabkan kiriman dari hulu, hilir, dan lokal terus dilakukan percepatan. Upaya mengatasi persoalan banjir ini diharapakan semakin optimal dengan diimplementasikannya beleid dalam Undang Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ) yang memuat terkait Daerah Aglomerasi.

Baca Juga:  Berkah Ramadhan 1445 H, DPD AWPI Provinsi DKI Jakarta Gelar Bagi Takjil Untuk Buka Puasa

“Untuk mengatasi persoalan banjir di Jakarta diperlukan juga kerja sama yang lebih intens antara Jakarta dengan daerah-daerah sekitar,” ungkapnya.

Ervan menuturkan, dalam masa kepemimpinan Heru juga sangat memperhatikan sumber daya manusia (SDM) di Jakarta untuk bisa bersaing sebagai kota global.

“Indeks Pembangunan Manusia di Jakarta pada tahun 2023 tercatat mencapai¬†83,55 meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 81,65, menjadi yang tertinggi di Indonesia,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan berbagai pencapaian dan prestasi yang sudah didapat, Heru sangat layak melanjutkan kepimpinan di Jakarta dan menuntaskan berbagai persoalan klasik yang belum kunjung terselesaikan.

“Saya kira Pak Heru yang mengawali dan lama berkarir di Pemprov DKI lebih memiliki kecintaan dan kepedulian yang tinggi pada kemajuan Jakarta,” tandasnya.