BM3 Medan Johor Bantu Warga Terdampak Covid-19

0
142

MEDAN-MITRANEWS – Menyadari pasti adanya perantau Minangkabau yang terdampak Covid-19, pengurus organisasi urang awak Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Kecamatan Medan Johor membagikan paket sembako kepada masyarakat perantau Minangkabau yang mengalami kesulitan akibat kondisi yang ditimbulkan oleh serangan Corona Virus Desease (Covid-19) ini.
Sejak awal virus ini berkembang diikuti kebijakan pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengurus BM3 Medan Johor sudah memprediksi tentu bakal ada warga perantau Minangkabau yang akan terdampak krisis ini terutama pekerja lepas, buruh harian, pengemudi angkot dan becak, serta pedagang yang berdomisili di Kecamatan Medan Johor Kota Medan. Dalam musyawarah pengurus BM3 dengan pemuka masyarakat Minangkabau yang berdomisili di Medan Johor disepakati untuk mengumpulkan donasi dari yang berkemampuan ekonomi untuk pembelian paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak.
“Pemuka masyarakat kita begitu antusias sehingga terkumpullah sebanyak 106 paket sembako yang terdiri dari beras, gula, bubuk teh, masker dan vitamin. Alhamdulillah, hari ini akan kita bagikan dan untuk mengikuti anjuran pemerintah agar tidak berkumpul terlalu banyak, paket akan dibagikan oleh para koordinator kelurahan STM BM3 Medan Johor,” kata Ketua BM3 Medan Johon H. Yunan Sirhan saat mengkooordinasikan pembagian paket sembako tersebut yang dipusatkan di Apotek Qintan Jalan Karya Wisata Medan Johor, Minggu (26/04/2020).
“Kita merasakan kesulitan itu dan kita harus belajar dari kesulitan itu. Kesulitan akan mengajarkan kita arti dari keikhlasan. Bicara tentang keikhlasan memang terasa berat untuk diamalkan namun bukan mustahil untuk direalisasikan. Termasuk saat ini, ketika hari-hari kita dihantui ketakutan akan akan wabah Covid-19 menyebar tanpa terkendali. Pandemi ini sangat mempersempit dan mempersulit kita pada bulan Ramadhan ini baik untuk beribadah maupun untuk berusaha menjemput rezeki Allah, tetapi dari sisi lain kondisi ini bisa bermakna kebaikan. Saat kita merasakan penderitaan orang lain lalu kita tergerak untuk membantu, itulah yang disebut empati dan itu bagian dari ketaqwaan,” kata Yunan yang adalah juga Sekretaris BM3 Sumut ini.
Dalam kesempatan itu Yunan mengucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat Minangkabau, pengurus BM3 Medan Johor dan para donatur yang telah menyukseskan kegiatan amal sosial ini. “Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan sanak saudara dan semoga kita semua senantiasa berada dalam lindunganNya, selalu sehat wal’afiat serta dapat melaksanakan ibadah puasa dengan sempurna. Mudah-mudahan aktivitas sosial yang kita adakan ini akan lebih mempererat hubungan silaturrahim sesama kita semua. Pada kesempatan ini kami juga mohon maaf jika ada hal yang tidak pada tempatnya. Bak papatah urang awak “Talantuang kanaik, tasingguang ka turun” diucapkan mohon maaf lahir dan bathin,” kata Yunan lagi.
Sementara itu Ketua Serikat Tolong Menolong (STM) BM3 Medan Johor Abdul Aziz yang mengkoordinir pembagian sembako ini mengatakan Covid-19 ini terasa sangat berdampak terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat, harga bahan pokok merambat naik, lapangan pekerjaan banyak yang tutup, ekonomi jadi sulit. Namun demikian, kita jangan sampai lupa pada Allah Yang Maha Pemberi Rezeki, Allah pula yang mencukupi rezeki seluruh makhluknya dalam keadaan lapang ataupun sempit.
Menurut Azis, pengumpulan dana dan pembelian sembako ini dipimpin langsung Bendahara BM3 Medan Johor Elrinny Arminda. “Alhamdulillah terkumpul dana sebanyak 16 juta rupiah yang kita belikan 106 paket sembako dan akan kita bagikan hari ini melalui koordinator Kelurahan,” kata Azis lagi.(*)

Reporter:
Abdul Aziz
Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here