Dirut PD Pasar Medan: “Pedagang Jangan Buang Sampah di Sungai”

0
10

MEDAN – MITRANEWS : Direktur Utama PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya meminta pedagang yang berjualan di pasar-pasar yang berdekatan dengan sungai agar tidak membuang sampah sisa jualannya di sungai. “Jangan jadikan sungai sebagai “tong sampah” tempat membuang sampah.  Hal itu dikatakan Rusdi ketika memimpin jajarannya melakukan gotong royong membersihkan bantaran Sungai Babura di belakang Pasar Padang Bulan Jalan Kapten Pattimura Medan, Minggu (3/11/2019).

Kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu upaya PD Pasar Medan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di sekitar kawasan pasar yang berada di bawah tanggungjawab PD Pasar Medan. Dalam programnya PD Pasar Medan bertekad menjadikan seluruh pasar tradisional menjadi rumah  yang nyaman bagi pedagang. Oleh karena itu rumah tersebut harus bersih, tertib dan aman,

Menurut Rusdi, kegiatan gotong royong ini untuk memberikan pemahaman kepada pedagang agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Para pedagang harus bertanggungjawab terhadap kebersihan lingkungan di sekitar pasar. Melalui kegiatan gotong royong inilah hal itu harus diwujudkan.

Pada kesempatan tersebut Rusdi juga memberikan pemahaman kepada pedagang bahwa pasar adalah tempat pedagang mencari rezeki untuk menghidupi keluarganya. Untuk itu pedagang juga harus menjaga tempatnya berjualan, karena di pasar inilah tempat pedagang mencari penghasilan untuk masa depan keluarganya.

“Jika kita sudah berhasil untuk mewujudkan pasar sebagai rumah bagi pedagang, saya yakin seluruh pasar tradisional di Medan akan menjadi lokasi transaksi yang aman dan nyaman,” ujar Rusdi.

Usai gotong royong, Rusdi juga melakukan pemancangan tanda larangan untuk membuang sampah ke Sungai Babura. Selain pemancangan tanda larangan, Rusdi juga membuat beberapa spanduk berisi kata-kata imbauan agar para pedagang tidak membuang sampah secara sembarangan.

Pemancangan tanda larangan membuang sampah ke sungai itu, menurut Rusdi, juga menjadi titik awal bagi pedagang untuk bisa hidup lebih bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke sungai.

“Ini merupakan titik awal tekad kita untuk menjadikan sungai sebagai sumber kehidupan, sehingga tidak ada lagi pedagang yang membuang sampah ke sungai,” tegas Rusdi.

Selain pemancangan tanda larangan membuang sampah, seluruh jajaran juga melakukan pembersihan bantaran Sungai Babura. Semak berupa tanaman rambat dibersihkan. Ke depan lokasi ini akan ditanami oleh tumbuhan yang menghasilkan seperti jagung dan lain-lain. Sehingga banyaran sungai ini menjadi indah dan sedap dipandang.

Hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Operasional PD Pasar, para Kepala Cabang serta seluruh staf PD Pasar Medan dan Pasar Padang Bulan.(*)

Reporter:

Nasib TS

Editor:

Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here