Festival Seni Budaya Islam Dibuka, Seniman Harus Biayai Sendiri Kegiatannya

0
121

MEDAN-MITRANEWS : Kegiatan Festival Seni Budaya Islam yang diselenggarakan Himpunan Seni Budaya Islam (HBSI) kota Medan di Taman Budaya Sumatera Utara Jl. Perintis Kemerdekaan Medan dibuka secara resmi oleh Wakil Sekretaris HSBI Sumut, Drs. Harun Al Rasyid, Rabu, 24/07/2019. Festival Seni Budaya Islam ini diselenggarakan oleh Sanggar Generasi dan HSBI Medan.

Dalam sambutannya, Harun menyayangkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap seni dan budaya, khususnya seni budaya Islam. “Oleh karena itu, seniman harus membiayai sendiri kegiatannya. Takkan ada sponsor dan bantuan pemerintah. Seperti kegiatan festival ini yang dibiayai secara mandiri, swadana oleh penyelenggara,” kata Harun yang adalah juga salah seorang Tim Ahli Gubernur Sumatra Utara yang disebut juga Forum Pelestarian Budaya (FPB) Daerah Sumatera Utara ini.

Harun mengaku dalam pembicaraan di forum itu, sering disampaikan bahwa upaya pelestarian budaya bukan hanya sekadar upaya memelihara situs-situs purbakala dan benda-benda warisan budaya saja, tapi yang lebih penting adalah upaya mewariskan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal kepada generasi muda kita.

Oleh karena HSBI Sumut sangat mengapresiasi positif kegiatan festival seni budaya Islam ini karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan menggairahkan kegiatan seni khusus seni Islami di daerah kita ini. “Kita berharap ke depan, pemerintah Provisi Sumatera Utara mengambil peran yang lebih besar untuk kerja-kerja kesenian dan kebudayaan. Bagaimana kita menjadi bermartabat jika masyarakat kita tidak beretika dan berbudaya?” kata Harun setengah bertanya.

Menurut Harun, meskipun kita punya Kementeri Koordinator Bidang Pembangunan Sumbet Daya Manusia dan Kebudayaan RI, tapi perhatian terhadap pelaku seni dan budaya terasa sangat kurang.

“Kita sebenarnya sangat berharap pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota agar mengalokasikan dana yang cukup untuk membantu kegiatan seni budaya yang digagas oleh para seniman dan budayawan kita,” kata Harun lagi.

Sebelumnya, Suyadi San selaku penyelenggara Festival Seni Budaya Islam mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas swadaya Sanggar Generasi Medan dan HSBI Medan. Suyadi yang juga pimpinan Sanggar Generasi Medan ini menambahkan, sejauh ini tidak ada bantuan yang mereka terima dari pihak manapun.(*)

Reporter:
An Jambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here