PW PARMUSI Sumut Adakan Pelatihan Thibbun Nabawi

0
151

MEDAN-MITRANEWS : Pengurus Wilayah Persaudaraan Muslimin Indonesia (PW PARMUSI) Sumut akam mengadakan pelatihan pengobatan cara Rasulullah yang dikenal dengan istilah Thibbun Nabawi. Dijadwalkan pelatihan ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 September 2019 bertempat di Gedung LPMP Sumut Jalan Bunga Raya No. 96 Asam Kumbang Medan.

Ketua Panitia Drs. Harun Al Rasyid didampingi Sekretaris Sugih Permono, SE dan Bendahara Drs. H. Enda Tarigan mengatakan, kegiatan ini dilaksana dalam upaya memasyarakatkan Thibbun Nabawi sebagai cara pengobatan berdasarkan sunnah Rasul. “Di Indonesia, cara pengobatan ini sudah sejak lama digunakan di kalangan Umat Islam namun baru sekitar tahun 2000-an mulai dikembangkan secara masif oleh Lembaga Kesehatan PARMUSI ke seluruh Indonesia,” kata Harun kepada wartawan di sekretariat PW PARMUSI Sumut Jl. SM Raja No. 7E Medan.

Menurut Harun, riset yang dilakukan Depkes RI tahun 2013 menunjukkan 30,4 % atau sekitar 25.131 sampel menggunakan cara pengobatan akternatif termasuk Thibbun Nabawi. Pengobatan ala Rasulullah ini merupakan salah satu bentuk pengobatan komplementer dan alternati yang diakui Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Orgaization).

“Menyadari pentingnya mengembangkan konsep Thibbun Nabawi ini, Parmusi Sumut berencana mengadakan pelatihan Thibbun Nabawip ini untuk para da’i Parmusi dan kalangan masyarakat umum di Sumatera Utara,” kata Harun lagi.

Berbagai teknik pengobatan Thibbun Nabawi akan dipelajari dalam pelatihan ini seperti teknik bekam, akupuntur dan rukiyah serta teknik mendeteksi penyakit melalui nadi, lidah.

Sementara itu Koordinator Seksi Humas Dr. Zainuddin Nur dan Drs Suaib AK mengatakan, pelatihan ini terbuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin mendalami pengobatan cara nabi ini. “Untuk itu bagi yang berminat bisa menghubungi sekretariat panitia dengan menghubungi nomor kontak 0812 6078 4587 (Novi Herawati Lubis)
0811 1160 2067 (Arie Candra P)
0813 6065 7552 (Arunar),” kata Suaib lagi. (*)

Reporter :
An Jambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here