Bupati Drs. H. Irdiansyah Tarmizi: Tanah Datar Akan Lumpuh Tanpa Bantuan Perantau

0
88

MEDAN-MITRANEWS : Bupati Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Drs. H. Irdiansyah Tarmizi mengatakan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat akan lumpuh ranpa bantuan perantau. Tanah Datar tidak mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai untuk membangun daerah. “Untuk membangun Tanah Datar kita sangat mengandalkan bantuan pemerintah pusat dan bantuan para perantau.
“Cukup besar dana perantau yang mengalir ke kampung halaman, terutama dalam pembangunan masjid. Saat ini masjid-masjid di kampung kita, sudah cukup megah, sehingga nyaman untuk berbagai kegiatan keagamaan,” kata Irdiansyah pada acara Halal Bi Halal Ikatan Keluarga Luhak Tanah Datar (IKLTD) di Rumah Gadang Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Jalan Adinegoro Medan, Minggu, 07/07/2019.
Acara HBH IKLTD ini berlangsung meriah dengan menampilkan kesenian tradisional Minangkabau seperti saluang, dendang, Dan permainan kim. Nampak hadir tokoh-tokoh perantau Minang seperti Ketuanya BM3 Sumut H. Syahruddin Ali, SH, MH, Penasehat IKLTD H. Dr. Eldi Mustafa, Rafdinal, SSos, MAP, H. Arman Setibudi, Abdul Azis, ST dan lain-lain.
Menurut Irdiansyah, karena minimnya Sumber Daya Alam itu, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, mengandalkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas pembangunan daerah. Membangun SDM tentu saja melalui sektor pendidikan, maka di Tanah Datar seluruh anak harus sekolah. Bahkan bagi putra-putri Tanah Datar yang lulus PTN tapi kurang mampu akan diberikan beasiswa. “Banyak perantau yang membiayai program ini. Kami menyadari, Untuk membangun kampung halaman harus ada kerjasama dengan perantau, banyak perantau kita yang sukses di luar daerah. Karena itulah pembangunan SDM Ini kita jadikan pilar pertama pembangunan Tanah Datar,” kata Irdiansyah lagi.
Tiga pilar lainnya adalah pertanian, pariwisata dan infrastruktur. Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi Kabupaten Tanah Datar adalah di bidang Pariwisata. Tanah Datar memang terkenal karena keindahan daerahnya. Selain Danau Singkarak, di Tanah Datar juga terdapat Desa Terindah di Dunia, yaitu Nagari Parahiyangan. Untuk mendukung perkembangan pariwisata telah dibangun oleh swasta hotel berbintang tempat sehingga tingkat pertumbuhan ekonomi mencapainya 5,13 persen.
Dalam kesempatan itu Irdiansyah juga menyampaikan prestasi-prestasi yang telah dicapai diantaranya menjadi Kabupaten Terbaik se-Indonesia dan Juara Umum MTQN ke-38 Tingkat Sumatera Barat.
Sementara itu dalam laporannya Ketua Unum IKLTD Mark Yunan Sirhan mengatakan banyak sekali masyarakat asal Tanah Datar yang merantau ke Sumatera Utara dan acara HBH IKLTD ini sepenuhnya dibiayai secara gotongroyang oleh para perantau. “Itulah manfaatnyo badunsanak, barek samo dipikua, ringan samo dijinjiang,” kata Yunan lagi Serayu mengatakan temannya HBH kali ini adalah “maminteh sabalun hanyuik, malantai sabalun lapuak”. (*)

Reporter”
An Jambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here