Ivan Iskandar Batubara: “Kita Terlalu Menyia-nyiakan Karunia Allah”

0
95

MEDAN – MITRANEWS: Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumatera Utara, Ivan Iskandar Batubara menyayangkan sikap pengusaha di daerah ini yang terlalu menyia-nyiakan potensi keindahan alam yang telah dikaruniakan Allah kepada rakyat Sumatera Utara.
“Kita banyak menyia-nyiakan potensi keindahan alam kita. Kita gagal memanfaatkan potensi itu,” kata Ivan dalam sambutannya pada acara Halal Bi Halal KADIN Sumut dengan jajaran pengusaha di daerah Ini, Rabu, 27/06/2019 di Tiara Convention Hall.
Padahal, menurut Ivan, kita memiliki Danau Toba dan Pulau Nias yang keindahannya sangat luar biasa yang bisa dijual sebagai ojek wisata andalan kita. Danau Toba adalah danau terbesar dan terindah di dunia. Sedangkan Pulau Nias merupakan tempat surfing terbaik dunia.

Persoalan kita, kata Ivan adalah sikapi dan karakter masyarakat kita yang tidak mampu bekerjasama memanfaatkan potensi Itu. “Kebijakan dalan hal perizinan, infrastruktur yang kurang memadai dan sikap mau menang sendiri menjadi kendala berarti ketika orang ingin berinvestasi di sini,” kata Ivan lagi.

Untuk itu, Ivan mengharapkan agar kita merubah mindset kita. “Kita harus berani berubah dari sikap selalu ingin dilayani menjadi ingin melayani. Selain itu kita harus nenumbuhkan rasa saling menghargai perbedaan. Sumatera Utara tidak mungkin dibangun sendiri oleh pemerintah, harus ada partisipasi masyarakat, dunia usaha dan pihak swasta asing. Mari kita jadikan momentum halal bi halal ini sebagai starting point untuk kita berubah” kata Ivan lagi.

Sementara itu, Kadis Perindustrian Sumut, Zonny Waldi yang mewakili Gubernur Sumut mengatakan, saat ini Sumut merupakan pintu gerbang ekspor wilayah Indonedia Bagian Barat.

“Pelabuhan Belawan dan Kuala Tanjung sedang dibenahi menjadi pelabuhan internasional. Sedangkan Danau Toba diproyeksikan menjadi destinasi wisata nasional,” kata Zonny Waldi lagi.

Zonny Waldi mengharapkan agar dunia usaha dapat bersinergi dengan pemerintah untuk menjadikan Sumatera Utara bermartabat. (*)

Reporter:
An Jambak

Editor:
Harun Al Rasyid

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here