Urang Minang “Babuko Puaso Basamo” di Medan Johor

0
152

MEDAN-MITRANEWS : Masyarakat Minangkabau (Sumatera Barat) yang berdomisili di Kota Medan dan sekitarnya mengadakan acara “Bubuko Puaso Basamo” sekaligus menyantuni anak yatim. Acara yang sudah bertahun-tahun menjadi tradisi ini diselenggarakan Pengurus Badan Musyawarah Masyarakat Minang (BM3) Medan Johor di Jalan Eka Surya No. 30 Medan Johor, Kamis, 30/05/2019.

Ketua BM3 Medan Johor, H. Yunan Sirhan mengatakan, sejak didirikan tahun 2002 silam, BM3 Medan Johor selalu setiap bulan Ramadhan mengadakan kegiatan ini sebagai perwujudan kepedulian perantauan Minang terhadap sesama. “Istimewanya lagi seluruh konsumsi dalam acara ini adalah kuliner Minangkabau yang dibawa ibu-ibu Bundo Kanduang dari rumahnya masing-masing. Hal ini mengingatkan kita terhadap cita rasa kuliner kampung halaman sehingga masyarakat Minang di perantauan tetap mencintai keanekaragam kuliner Minang,” kata Yunan Sirhan yang juga adalah Sekretaris BM3 Provinsi Sumatera Utara.

Hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh masyarakat Minang, diantaranya Ketua BM3 Provinsi Sumatera Utara H. Syahruddin Ali, SH, MSi, Ketua BM3 Tebingtinggi dr. Vive Kananda, dr. Yulizar, Dr. Syafrul Latif, Ir. Erpison Muis, MSc, dr. Yuneldi Anwar, Didi Djuarsa, H. Patrionis, Arisman, Ir. Joni Indra, H. Anasril, dan Hendrizal.

Ketua BM3 Provinsi Sumatera Utara
H. Syahrudin Ali, SH, MSi dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang tinggi atas inisiatif Pengurus BM3 Medan Johor menyelenggarakan kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat penting artinya bagi upaya mempererat hubungan silaturahim sesama perantauan Minang di Provinsi Sumatera Utara ini,” kata Syahruddin Ali lagi.
Perantau Minang, Abdul Aziz, ST nenilai kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai wadah bertukar informasi dan pendalaman antara sesama perantauan Minang. “Kita beruntung bertemu dengan tokoh-tokoh dan orangtua kita yang sudah malang menyangkut di perantauan ini. “Banyak pengalaman dan kisah-kisah perjuangan hingga sukses dalam meniti karier di negeri orang. Ini semua tentu menjadi pelajaran berharga bagi yang muda,” kata Azis lagi.

Kegiatan ini diawali dengan penderian Satuan kepada 150 orang anak yatim, selanjutkan dengan tausyiah agama oleh Anggota DPD RI terpilih Dedi Iskandar Batubara Caniago, berbuka puasa bersama dan shalat maghrib berjamah.

Padang panjang sapuluah koto
Mandaki jalan ka Panyalaian
Sungguah dunia pamenan mato
Akhiraiak usah dilupokan (*)

Reporter : Abdul Aziz
Editor. : Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here