Terpidana Kasus Suap GPN Dibawa ke Lapas Tanjung Gusta

0
136

JAKARTA-MITRANEWS : Terpidana kasus-kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho (GPN) Hj. Helmiaty dibawa petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Lapas Tanjung Gusta Medan guna menjalani proses penahanannya.

Hj. Helmiaty adalah mantan anggota DPRD Sumut yang telah divonis 4 tahun penjara oleh persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di PN Jakarta Selatan.

“KPK telah mengeksekusi seorang terpidana kasus korupsi mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho yaitu Hj. Helmiaty, yang adalah martabat anggota DPRD Sumut,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (29/5/2019).

Hj. Helmiaty yang juga anggota Fraksi Partai Golkar adalah salah seorang dari 38 orang anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 yang dijerat KPK secara bersamaan terkait suap dari mantan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho. Terdakwa selain divonis 4 tahun penjara, juga dikenakan denda Rp. 200 juta dan subsider 3 bulan kurungan.

Menurut Febri, Hj. Helmiaty terbukti menerima uang Rp. 494,5 juta sehingga juga dihukum membayar uang pengganti Rp 20,5 juta dan dicabut hak politiknya selama 3 tahun setelah selesai menjalani pidana pokok.

Febri mengatakan, saat ini, Hj. Helmiaty sudah berada di Lapas Tanjung Gusta. “Terpidana dibawa dari Jakarta dengan penerbangan pesawat komersil pukul 06.05 WIB dan diterima di Lapas hingga proses eksekusi selesai sekitar pukul 12.30 WIB hari ini. Berikutnya sesuai dengan putusan pengadilan tipikor yang telah berkekuatan hukum tetap, terpidana akan menjalankan masa hukuman di lapas,” jelas Febri.

Sebelumnya Febri mengatakan ada 50 orang anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 yang telah diproses KPK dalam kasus suap ini. Gatot Pujo Nugroho sendiri juga sudah divonis 4 tahun penjara pada Maret 2017 di PN Medan.(*)

Reporter : Sanie Tijue
Editor. : Yusuf Sani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here