Masyarakat Karo Mencari Identitas

0
150

MEDAN – SEBUAH pertanyaan yang sering muncul di tengah masyarakat dewasa ini adalah “Apakah orang Karo itu Batak atau bukan?” Tidak gampang menjawab pertanyaan ini dan selalu ada perdebatan seru soal ini. Mungkin inilah yang menjadi alasan Forum Runggu Masyarakat Karo menggelar Seminar Identitas Karo Dalam Perspejtif Kebhinnekaan di Raz Hotel, Selasa (22/01/2019).

Tampil sebagai pembicara Kepala Balai Arkeologi Medan Dr. Ketut Wiradyaba, M.Si, Ketua Program Studi S2 dan S3 Sejarah FIB USU Dr. Suprayitno, M.Si, Staf Pengajar Universita Medan Dr. Erond L. Damanik, M.Si, Sejarahwan/Staf Pengajar Ilmu Sejarah FIB USU Drs. Wara Sinuhaji, M.Hum dan Staf Pengajar FIB USU Dr. Dardanila, M.Hum.

Seminar ini dibuka Rektor USU Prof. Runtung Sitepu yang diwakili Prof. Budiman Ginting dengan harapan seminar ini dapat melahirkan sesuatu yang baru dari masyarakat dan budaya Karo.

Menurut Budiman, masyarakat Karo itu cukup heterogen dan awalnya berasal dari marga silima yaitu karo-karo, ginting, tarigan, sinulingga dan perangin-angin. “Jadi seminar ini sangat penting artinya dewasa ini. Masyarakat Karo sangat respek dalam perspektif kebhinnekaan karena dalam satu keluarga Karo biasa ada beberapa keyakinan dan agama. Oleh jarena itu perlu ditelusuri dari fakta sejarah sehingga bisa dideskripsikan apa sebenarnya Karo itu” kata Budiman lagi.

Sementara itu Dekan FIB USU Prof. Ikhwanuddin Nasution juga berharap seminar ini bisa menghasilkan rumusan tentang identitas masyarakat Karo yang sebenarnya sesuai fakta sejarah.

Ketua Forum Runggu Masyarakat Karo (FORMAJA) Nuansa Kaban mengatakan, orang Karo akan sangat bangga dengan identitas kekaroannya. Untuk itu masyarakat Karo selalu berusaha mencari identitas kekariannya. Mencari identitas itu akan lebih baik dibicarakan secara akadenis melalui semonar ini.

Hadir dalam seminar ini tokoh masyarakat Karo diantaranya Prof. Menneth Ginting, Prof Saad Affifuddin, Drs. Ansari Adnant Tarigan, Lila Pelita Hati Ginting dan lain-lain. (*)

Reporter:
Anjambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here