Menkumham RI Orasi Ilmiah Pada Acara Wisuda UHN dan Dies Natalies ke 64

0
154
Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau, Ompui Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Ketua Yayasan Ir. Nurdin Tampubolon memotong Kue UHN pada acara wisuda UHN dan Dies Natalies ke-64 di Gedung Selecta Medan

MEDAN | Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H Laoly, SH, M.Sc, PhD saat acara Wisuda UHN Medan memberikan Orasi Ilmiah dengan judul “Deregulasi Kemudahan Berusaha dan Peningkatan Pelayanan Publik” Jumat (19/09/2018) di Gedung Selecta Medan.

Wisuda sebanyak 1.719 orang wisudawan itu Yasonna H Laoly menerima PIN Purnabakti dari UHN Medan bangga menjadi bagian dari keluarga besar UHN Medan.

Sementara itu Rektor UHN Medan, Dr. Ir. Sabam Malau dalam pidatonya mengatakan UHN Medan mengalami perkembangan positif dimana bertambahnya program studi di UHN Medan yang memeroleh akreditasi B sehingga sekarang terdapat sebanyak 29 Program studi (Prodi) yang memiliki akreditasi B.

Dijelaskannya perkembangan positif lainnya yang diraih UHN Medan adalah bertambahnya dosen bergelar doktor dan dosen yang diberangkatkan untuk program doktor. Saat ini ada 47 orang dosen tetap telah bergelar doktor.

“Suatu jumlah yang sangat membanggakan hati. Untuk visi misi UHN Medan dapat terwujud maka perlu ada program penyekolahan dosen jenjang S-3 perlu diakselerasi. Itu sebabnya, pada tahun akademik 2018/2019, sebanyak 18 orang dosen telah dikirim ke program doktor dan pada tahun akademik 2017/2018 sebanyak 28 orang dosen diberangkatkan mengikuti program doktor sehingga pada tahun akademik 2018/2019 ini keseluruhan dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 72 orang. Kita merencanakan akan terus menambah jumlah tersebut pada tahun akademik 2019/2020 sebanyak 40 orang ke program S-3 sehingga pada tahun akademik 2019/2018 jumlah dosen yang sedang mengikuti program doktor berjumlah 110 orang,” kata Sabam Malau menegaskan.

            Kemajuan lain yang tak kalah pentingnya menurutnya adalah perbaikan kurikulum menjadi Kurikulum Kerangka Nasional Indonesia yang diterapkan sejak TA 2016/2017, pembentukan kantor urusan internasional ditingkat universitas dan fakultas, diversifikasi sumber-sumber pembiayaan anggaran, pembenahan laboratorium, pembentukan suasana kampus yang semakin aman dan kondusif dan peningkatan efektivitas dan efisiensi anggaran yang berbasis program studi dalam kerangka akreditasi. Pada tahun akademik 2018/2019 telah dibentuk International College dan Kelas Internasional.

            Akumulasi dari semua perbaikan mutu UHN Medan tersebut kata Rektor UHN Medan telah membuat ranking UHN di Indonesia membaik dengan luar biasa. Pada tahun 2018, Kemeristekdikti mengumumkan bahwa UHN berada pada ranking 239 terbaik Indonesia dari sekitar 5000 perguruan tinggi Indonesia.

            Sementara itu Ephorus HKBP dalam sambutannya mengatakan kepda wisudawan berupayalah lebih produktif dalam menanam yang baik demi masa depan. Ketua Yayasan, Ir. Nurdin Tampubolon mengatakan kepada wisudawan untuk jadi pencipta lapangan kerja (entrepreneurship). Ketua L2 Dikti, Prof. Dr. Dian Armanto, M.Sc dalam sambutannya mengapresiasi UHN Medan sebagai salah satu PTS yang sehat dan salah satu yang terbaik di Sumatera Utara dan mengharapkan UHN kedepan lebih baik lagi.

Hadir dalam acara wisuda tersebut Kadep Koinonia Pdt. Dr. Martongo Simanjuntak yang juga membawakan kotbah, Sekretris Yayasan Pdt. Dr. Pintor M. Sitangang, Bendahara Yayasan Drs. Frans Edward Hutabarat, Ketua Dewan Pengawas Dr. Ir. Manerep Pasaribu, Dra. Pinondang Nababan, MM, Drs. Golfried Lubis, Drs. Monang Siburian dan lainnya.

***

Sumber:

Relis Humas UHN Medan

Editor:

Fadmin Malau

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here