3 Ciri ‘Sukses Sehat’ yang Kerap Terabaikan

0
179

Medan — Kebanyakan orang akan berusaha mati-matian untuk mencapai kesuksesan yang diinginkannya. Kerja keras tanpa mengenal waktu biasanya tak lepas dari upaya dalam mencapai kesuksesan itu.

Namun, apakah sukses yang dikejar tersebut merupakan sukses yang sehat secara jiwa raga? Sebaiknya seseorang mulai memahami apakah dia berada dalam jalur sukses sehat atau sukses beracun menjadi tujuan dalam hidupnya?

Praktisi Kesehatan Holistik Reza Gunawan memaparkan sejatinya setiap individu perlu untuk memahami tipe sukses yang dikejar dalam kehidupan.

Reza menyampaikannya saat menjadi pembicara materi bertema Sweet & Toxic Success saat gelaran Happiness Festival di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (1/4). Setiap individu, dikatakan dia, harus memahami bagaimana ciri-ciri sukses sehat dalam kehidupan.

Menurut Reza, seseorang yang sukses sehat cenderung punya kualitas batin yang tenang. Artinya, situasi apapun yang sedang dihadapi tidak akan membuat seseorang lepas kendali.

“Bukan masalah pura-pura tenang, situasi apapun tidak akan membuat dia lepas kendali. Kemampuan batin bisa tetap tenang dan hal itu tidak tergantung pada uang tapi biasanya bagaimana keluarganya mendidiknya dan bagaimana kita melatih diri,” ujarnya.

Ciri kedua adalah merasa cukup. Reza menjelaskan, merasa cukup bukan berarti pasrah tapi dapat melalui dengan tenang dan merasa cukup serta bersyukur meskipun masih ada target yang belum tercapai.

“Dia tahu targetnya ada yang belum tercapai tetapi dia bisa tenang. Esensinya adalah supaya bisa merasa cukup,” tuturnya.

Ciri ketiga, kesuksesan tidak membuat seseorang putus hubungan dengan orang-orang yang bermakna dalam hidupnya. “Biasanya perjalanan menuju sukses membuat dia jauh ,lupa terhadap orang yang bermakna untuk hidupnya,” jelas Reza.

Selanjutnya adalah wujud perhatian secara sadar dan kehadiran. Reza menjelaskan, seseorang akan memelihara dan tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan orang lain.

Tentu saja ada hambatan saat seseorang ingin mencapai sukses. Biasanya disebabkan oleh tiga hal yaitu terlalu stres, terlalu letih dan terlalu sibuk.

Suami dari penulis Dewi Lestari tersebut mengatakan kunci utama untuk menyadari hal itu adalah dengan memperingati diri sendiri. Maksudnya, seseorang harus mengetahui berapa banyak baterai yang dimiliki tubuh dalam mencapai sukses.

“Self awareness, tahu baterai tinggal berapa persen. Kalau kita putus hubungan dengan yang di dalam (tubuh) maka lebih mudah putus hubungan dengan hal-hal penting dalam hidup kita. Kita terbiasa tidak menghiraukan karena kita merasa sinyal di dalam (tubuh) tidak penting,” tuturnya.

Untuk mencapai sukses sehat tersebut, Reza mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, seseorang harus memperhatikan akar niat dari profesi yang sedang dijalaninya yakni dengan mengenali diri sendiri. Kedua, seseorang harus mengetahui perbedaan dari produktif dan sibuk sehingga dapat kerja secara efisien dan praktis.

Ketiga dengan merawat diri. Keempat dengan sirami relasi dan kelima, sistem dan struktur sehingga pekerjaan tidak akan membuat seseorang kehilangan waktu luang. (*)

Sumber :
cnnindonesia.com

Editor :
Siti Aisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here