Memanggang, Cara Mudah ‘Selamatkan’ Roti

0
168

Medan — Roti merupakan salah satu makanan yang paling cepat basi atau kedaluarsa. Roti tawar hanya mampu bertahan sepekan sejak dikemas dan dipasarkan.

Waktu kedaluarsa yang cepat ini seringkali menjadi alasan banyak roti yang terbuang sebelum sempat dihabiskan. Agar tak terbuang percuma, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur simpan roti.

Melihat fenomena banyaknya roti yang terbuang, Love Food Hate Waste, sebuah program organisasi untuk mengendalikan sampah makanan mengeluarkan kampanye bertajuk Make Toast Not Waste untuk mencegah limbah roti tawar.

Untuk mengatasi banyaknya roti tawar berjamur yang dibuang, salah satu triknya adalah dengan memanggang roti tawar.

Memanggang roti sampai garing dan renyah dengan panggangan atau toaster diyakini dapat membuat roti lebih tahan lama.

Kampanye ini berangkat dari fakta rata-rata sebanyak 24 juta potong roti tawar terbuang sia-sia karena telah kedaluarsa di Inggris setiap harinya.

“Berarti rata-rata orang di Inggris membuang lebih dari setengah roti setiap bulan! Anda bisa menyimpan roti lebih lama dengan memasukkannya ke dalam freezer dan kemudian menggunakannya langsung untuk membuat roti panggang,” tulis Love Food Hate Waste di situs resminya.

Setelah dipanggang, roti tawar ini bisa disantap dengan tambahan beragam topping yang lezat sesuai selera.

“Roti panggang bisa lebih dari sekadar pilihan sarapan dengan mentega. Jadilah kreatif dengan bereksperimen dengan topping lezat dan terjangkau,” kata Love Food Hate Waste.

Roti panggang bisa dipadukan dengan aneka salad, daging, telur, hingga selai. (*)

Sumber :
CNN Indonesia

Editor :
Siti Aisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here