Pengurus Pusat IKA USU Dikukuhkan

0
574

MEDAN — Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Sumatera Utara (USU) Periode 2018 – 2022 hasil Munas I IKA USU dikukuhkan oleh Ketua Umum terpilih Romo H. R. Muhammad Syafi’i, SH, M. Hum, Sabtu (17/02/2018) di Hotel Madani Medan. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Ir Damayanti Lubis, MSc, Kakorbinmas Polri Irjenpol Arkian Kubis, Ketua Wali Amanat USU H. Panusunan Pasaribu.
Dalam sambutannya Romo Syafi’i mengatakan, sesuai dengan statuta USU, organisasi IKA USU adalah organisasi ektra universitas yang pengurusnya tidak tunduk kepada Rektor. “Ketua Umum IKA USU dipilih melalui Munas lalu Ketua Umum akan mengukuhkan pengurus yang akan bersamanya menjalankan organisasi. Dalam kesempatan ini saya ingin mengklarifikasi bahwa kepengurusan IKA USU ini sudah sesuai dengan AD/ART IKA USU,” kata Anggota DPR RI ini.
Menurutnya, Kepengurusan IKA USU ini memang hasil Munas I IKA USU yang berlangsung Januari 2018 lalu. Tapi bukan berarti IKA USU selama ini belum ada. Hanya saya selama ini IKA USU berbentuk Presidium yang tugas utamanya membentuk pengurus wilayah dan menyelenggarakan Munas. Ke depan PP IKA USU akan melaksanakan konsolidasi organisasi dengan mengadakan roadshow ke seluruh provinsi di Indonesia.
“Untuk sinergikan, jika sudah habis periodesasinya kita akan dorong untuk muswil, bagi yang belum ada kita akan bentuk. Kita ingin IKA USU berkibar di seluruh Indonesia dan luar negeri,” kata Romo Syafi’i lagi.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Romo mengatakan IKA USU harus mampu melaksanakan perannya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengkritisi perjalanan bangsa agar berjalan dengan baik. Saat ini terjadi perubahan paradigma pembangunan dari natural resourses base menjadi human resourses base. Alumni USU dituntut untuk tidak saja memiliki potensi kemampuan akademik tapi juga harus betul-betul profesional sehingga siap memasuki pasar kerja. Untuk itu kita perlu mendorong USU agar setiap fakultas memiliki pusat latihan kerja sehingga sebelum terjun ke masyarakat, alumni USU memiliki daya saing di tengah masyarakat.

Sementara itu, Penasehat PP IKA USU, Prof. Hj. Damayanti Lubis, MSc dalam sambutannya mengatakan eksistensi lembaga pendidikan tinggi sangat ditentukan oleh prestasi alumninya. Sukses alumni adalah barometer suksesnya lembaga pendidikan tersebut. “Untuk itu ikatan bathin antara alumni dengan almamaternya tidak boleh putus. Oleh karena itu alumni USU yang sekarang sukses dalam berbagai bidang pengabdian di tanah air harus tetap memperhatikan USU.

Untuk itu menurut Damayanti, PP IKA USU harus melakukan pendataan yang lebih baik. “Kita selama ini lemah dalam pendataan dan penyebaran informasi. Banyak potensi alumni kita yang belum terdata. Saya berharap kita mempunyai wadah informasi sehingga kita bisa mengetahui perkembangan alumni kita di mana saja, ” kata Wakil Ketua DPD RI ini.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kakorbinmas Polri Irjenpol Arkian Lubis yang mewakili dan memberi sambutan atas nama Kapolri. Beliau mengatakan, kampus perguruan tinggi adalah lembaga yang melahirkan orang-orang hebat sehingga bisa memberikan sumbangsihnya bagi bangsa dan negara dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

“Para alumni harus fokus menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk almamaternya. Mampu menjadi polopor dan teladan bagi mahasiswa dan masyarakat,” katanya lagi. (*)

Reporter:
Annur Raja

Editor:
Siti Aisyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here