Sinabung Erupsi, MER-C Cabang Medan Langsung ke Lokasi

0
194

MEDAN — Erosi Gunung Sinabung di Kabupaten Kar Sumateta Utara yang terjadi Senin (19/2) kemaren ditenggarai merupakan erupsi terdahsyat pada 2018 ini. Erupsi itu diperkirakan menyemburkan abu vulkanik setinggi 5 kilometer. Akibat erupsi tersebut, di delapan kecamatan di Kabupaten Karo, di antaranya Kecamatan Simpang Empat, Naman, Teran, Payung, Tiganderket, Kutabuluh, Munte, Tigabinanga, dan Kecamatan Juhar terjadi hujan debu yang tentu saja berdampak pada kesehatan masyarakat.

Menyadari besarnta dampak erupsi tersebut MER-C Cabang Medan, Sumatera Utara langsung melakukan koordinasi dengan BPBD setempat.

Pada tanggal 20 Februari 2018, MER-C mengirimkan tim relawan medis untuk melakukan assesment ke lokasi bencana. Tim terdiri dari dua dokter umum dan empat perawat terampil khususnya di bidang kegawatdaruratan.

Dari hasil diskusi dengan BPBD kabupaten Karo didapat informasi bahwa daerah yang terdampak paling parah akibat erupsi gunung Sinabung kali ini adalah kecamatan Payung dan kecamatan Tiganderket.

Tim MER-C segera melanjutkan perjalanan menuju dua lokasi terparah tersebut untuk memantau langsung kondisi di lokasi bencana.

Kepada Tim MER-C, Kepala Puskesmas kecamatan Payung menyampaikan bahwa saat ini belum ada masalah kesehatan di wilayah nya tetapi kemungkinan dalam 3 – 5 hari ke depan akan ada masalah gangguan kesehatan yakni ISPA akibat erupsi.

Bantuan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah obat-obatan khususnya obat batuk cair dan tetes mata. Bantuan masker juga sangat diperlukan karena debu erupsi yang masih sangat tebal. Hal yang sama juga terjadi di kecamatan Tigandetket.

Pada kesempatan ini, Tim MER-C menyerahkan bantuan masker kepada Puskesmas untuk didistribusikan kepada masyarakat korban terdampak bencana yang membutuhkan.

Di akhir perjalanan tim juga mengunjungi dan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten Karo untuk menyampaikan rencana tindak lanjut dari hasil asessment.

MER-C akan kembali menurunkan tim medis pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2018 mendatang untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan umum bagi masyarakat korban bencana di kecamatan Payung.

Bagi Bapak/Ibu/Sahabat yang ingin berpartisipasi menyalurkan bantuan bagi Korban Bencana Erupsi Sinabung dapat menghubungi MER-C di:

MER-C Cabang Medan,
Jl. Setia Budi Komplek Ruko Milala Mas No. B-22, Kel. Tanjung Rejo, Kec. Medan Sunggal.
No HP : 08116400202

Bantuan Donasi dapat disalurkan melalui rekening amanah Kemanusiaan:
BSM, 7074585099
An. MER-C CABANG MEDAN

Info :
Website : www.mer-c.org
FB : MER-C Indonesia
IG : @mercindonesia / @rsindonesia
Twitter : @mercindonesia / @RSIndonesia
Call Center : 0811990176

Reporter:
Anjambak

Editor:
Harun AR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here